5 Rumah Adat Jawa Barat Bisa di Desain Modern 2019

Desain Rumah Adat Jawa Barat – Jawa Barat dengan kota yang paling terkenal yakni bandung memiliki beberapa keunggulan sala satunya adalah rumah adatnya, pada kesempatan kali ini kami dari desainrumahjawa.org akan memberikan 5 contoh desain rumah adat jawa barat akan tetapi dikemas dalam era modern, berikut ini adalah foto/gambar yang bisa kami sajikan untuk anda seklaian:

1. Imah Julang Ngapak

Imah Julang Ngapak - Rumah Adat Jawa Barat

Julang ngapak berarti burung yang sedang mengepakkan sayapnya. Hal ini terlihat dari suhunan atau atapnya yang membentuk prisma memanjang. Kemudian pada kedua ujung sisi atap seakan diberikan tambahan panjang dengan sedikit dilekukkan. Struktur suhunan atap seperti itu jika dilihat dari bagian muka rumah akan nampak seperti halnya burung yang sedang membuka dan mengepakkan dua sayapnya.

Terlebih lagi di bagian ujung sudut prisma atap dibuat sejenis tiang yang saling menyilang, yang seakan seperti jadi bagian kepala dari burung tersebut. Bagian tersebut dinamakan cagak gunting atau capit hurang. Karena bentuknya yang menyerupai gunting yang terbuka atau jepitan udang yang tajam.

2. Imah Badak Heuay

Imah badak Heuay - Rumah Adat Jawa Barat
Sumber Gambar: Cintaindonesia.web.id

Rumah Adat Jawa Barat – Cukup unik memang penamaan rumah adat satu ini. Jika diterjemahkan secara langsung dalam bahasa Indonesia, Badak Heuay artinya badak yang sedang menguap (ngantuk), sehingga mulutnya menganga lebar. Pun dengan struktur dari bangunan Imah Badak heuay ini.

Bidang atap / pad bagian belakang dibuat memanjang lurus dan melewati titik atas suhunan. Namun bagian atap depannya dibuat lebih pendek namun sekaligus juga berfungsi meneduhi teras yang dibuat agak luas dan terbuka. Sehingga inilah yang jadi dasar penamaan masyarakat Sunda dengan mengimajinasikannya laksana badak yang sedang menguap.

Pemukiman dengan desain rumah adat Badak Heuay masih bisa ditemukan seperti di kawasan desa Sukabumi atau Cianjur.

3. Imah Tagog Anjing

Imah Tagog Anjing - Rumah Adat Jawa Barat
Sumber Gambar: dearchitectblog.wordpress.com

Dinamakan Tagog Anjing karena rumah adat jenis ini memiliki bentuk menyerupai anjing yang sedang duduk dengan kaki terlipat. Tagog sendiri artinya diam dengan posisi duduk jongkok.

Kami Sarankan Anda Juga Membaca: Model Desain Rumah Limasan Kampung Jawa Tengah

Susunannya terdiri dari dua bidang atap di dua sisi yang membentuk prisma memanjang. Adapun untuk atap di satu sisi bagian depan dibuat tambahan melebar dengan sedikit dilekukkan. Tujuannya adalah untuk meneduhi bagian depan rumah yang difungsikan sebagai teras rumah.

Desain rumah adat Jawa Barat yang satu ini bisa dengan mudah ditemui di kawasan Kampung Dukuh, Garut. Dan juga tempat-tempat wisata, seperti di Cipanas atau Sampireun Garut.

4. Imah Jolopong

Imah Jolopong - Rumah Adat Jawa Barat
Sumber Gambar: dearchitectblog.wordpress.com

Imah Jolopong ini barangkali merupakan rumah adat Jawa Barat yang paling familiar dan banyak dibangun sebagai tempat mukim bagi warga desa di berbagai kota Jawa Barat.

Secara bahasa, Jolopong berarti berbaring atau terkulai (tergolek) melintang. Sejalan dengan bentuk rumahnya yang memang memanjang dengan bentuk atap yang sederhana dan simetris.

Desain atap rumah adat Imah Jolopong adalah membentuk prisma dengan sama sisi. Artinya kedua bidang atap punya panjang dan lebar yang sama dan saling bertemu di titik atas suhunan. Sehingga dinamakan juga dengan istilah ‘suhunan panjang’. Jika dilihat dari bagian sisi dan ditarik gari imajiner atap menuju tanah, maka akan terlihat seperti segitiga sama kaki yang simetris.

Dua bidang atap suhunan rumah jolopong ini menjadi pelindung/penutup badan rumah yang terbuat dari bahan bilik dan tiang kayu.

Barangkali karena memang strukturnya yang sederhana ini menjadikan Imah Jolopong sebagai bangunan rumah adat yang banyak dibuat. Seperti banyak ditemui di kawasan perkampungan di wilayah Garut dan kota lainnya di Jawa Barat.

5. Imah Parahu Kumureb

Imah Parahu Kumureb - Rumah Adat Jawa Barat dan Keterangannya
Sumber Gambar: Cintaindonesia.web.id

Berikutnya adalah Imah Parahu Kumureb, artinya perahu dengan posisi terbalik atau tengkurap. Penamaan tersebut juga tidak lepas dari bentuk dan struktur atapnya.

Atap suhunan rumah adat Jawa Barat yang satu ini memiliki 4 sisi. Dua bagian sisi kiri dan kanan berbentuk trapesium sama kaki. Kemudian dua disi lainnya, yakni sisi depan belakang yang berbentuk segitiga. Keempat sisi atap tersebut bergabung dengan rangka yang sama sehingga jika dilihat dari atas, akan tampak seperti halnya perahu yang dibalik.

Dengan terbitnya artikel ini kami sangat berharap kita semua tetap menjaga keutuhan adat-adat di indonesia yang telah kita miliki.

Leave a Reply